Sabtu, 13 Maret 2010

BAGI YANG MENGGUNAKAN POMPA AIR TANAH :

Ikan Koi sangat rentan terkena berbagai penyakit terutama pada musim hujan. Udara kota dipenuhi dengan polusi yang berbahaya. Nah, pada saat hujan turun, polusi berbahaya yang mengandung penyakit itu masuk melalui air hujan kekolam ikan Koi. Bisa dibayangkan ikan Koi yang kita sayangi itu langsung gelisah dan berpotensi keracunan terkena penyakit berbahaya.

Cara untuk mengatasinya mudah, taburkan garam kedalam air sesuai aturan, yaitu 1-3 liter garam untuk setiap 3 M3 air dalam kolam atau untuk setiap 3-ribu liter air. Garam akan menetralisir racun2 yang turun bersamaan dengan hujan dan memasuki kolam. Garam yang digunakan adalah garam kasar untuk ikan yang banyak dijual di pasar2 tradisional dengan harga relatif murah. Bila hujan pertama turun berikan 3 liter garam kasar per 3 M3 air kolam.

Selanjutnya bila keesokan harinya hujan turun lagi kurangi dosisnya hanya 1 liter garam saja per 3 M3 air kolam. Bilamana 2-3 hari baru turun hujan dosisnya adalah 2 liter garam saja per 3 M3 air kolam. Jadi sebagai contoh : kalau air kolam 10 M3, maka masukkan garam untuk awal sebanyak 3-4 liter sudah cukup.

Setiap bulannya, atau bilamana terlihat ada kutu, penyakit yang menghinggapi tubuh ikan, maka segera masukkan Abate yang biasanya ditebarkan untuk membunuh jentik nyamuk di dalam bak mandi kita. Dosisnya tolong diperhatikan, adalah 100 gram abate per M3 air kolam Koi. Langsung bisa dilihat kutu, siput kecil2, jentik di filter langsung mati tanpa ampun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar