Sabtu, 13 Maret 2010

BERBAGAI PERALATAN CANGGIH DIPASANG DI KOLAM KOI

Apa saja perlengkapan atau peralatan canggih yang dipasang pak Haji Bambang guna menjaga air kolam Koi agar selalu bersih dan sehat untuk ikan2 Koinya, ini diantaranya : (1) Sebanyak 2 buah Bio Filter. (2) Sebuah Filter Alami ( Biologi ). (3) Sebuah filter kombinasi 2 tingkat hasil design pak Haji sendiri. Alhamdulillah selama bertahun2 terakhir ikan Koinya sehat2 saja, saat ini jumlahnya sudah hampir 80 ekor dikolam, bahkan sebagian besar berukuran besar diatas 60 cm dan masih tetap lincah berenang2.

(1) Bio Filter adalah filter yang dibeli di Ace, satu paket dalam bentuk tabung terdiri dari busa kasar, busa sedang dan busa halus yang dapat dicuci, untuk memfilter kotoran2 dari yang kasar seperti daun2an, hingga yang halus. Kemudian masuk kedalam ruang Bio Ball. Bio ball adalah tempat berkembang biaknya berbagai bakteri yang dibutuhkan untuk memproses racun2 didalam air seperti NOx, dll. Didalamnya terpasang lampu UV, ultra violet untuk membunuh berbagai bakteri, kutu, penyakit dan banyak hal yang meracuni air, sehingga air yang keluar adalah air yang berkualitas bagus bagi ikan Koi.

(2) Filter Alami adalah filter yang berisi berbagai tanaman air, gunanya untuk memperbaiki oksigen dalam air dengan menyerap COx.yang meracuni air dan menggantinya dengan oksigen berkualitas yang dikeluarkan tanaman. Sebagaimana kita ketahui tanaman bila terkena sinar Matahari maka akan menyerap COx dan mengeluarkan oksigen. Di siang hari, dalam waktu singkat COx semuanya dirubah menjadi oksigen yang sangat dibutuhkan oleh ikan Koi agar hidup sehat.

(3) Filter Kombinasi desin dari pak Haji ini terdiri dari delapan bak dalam 2 tingkat, 4 bh bak atas dan 4 bh bak bawah.

Bak atas yang terdiri dari 4 bh bak, diisi dengan : (1) Sikat besar-besar beberapa buah sebagai tempat kehidupan alami tumbuh. (2) Batu alam, berupa batu2 bulat sebagai tempat berkembang biak berbagai kehidupan yang akan mendukung kondisi air agar menjadi baik. (3) Batu Zeolit dalam karung / jaring, untuk memudahkan dibersihkannya. Batu zeolit terkenal sebagai media untuk menyerap berbagai hal yang meracuni air kolam Koi.

Untuk mengembalikan fungsi batu zeolit adalah direndam dalam larutan air garam 1 jam agar berfungsi aktif kembali. Setelah 3-4 kali, ganti dengan batu zeolit yang baru, karena telah habis kegunaannya. Bak ke 4 di isi dengan Bio Ball, yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai kegunaannya. Air kemudian dialirkan ke bak bawah dengan diterjunkan untuk meningkatkan supply oksigen ke air, dan untuk memerangkap racun buih berbusa yang biasanya timbul diatas air tanda kualitas air memburuk.

Selanjutnya bak bawah, ada 4 bak yang di isi dengan : (1) Bio Ball. (2) Arang dalam karung / jaring, gunanya untuk menyerap bau amis yang ditimbulkan oleh ikan Koi, sehingga air kolam tidak berbau amis lagi, dan batu pecah yang sering digunakan untuk mengecor beton. Gunanya agar kotoran2 halus tertampung disini agar air yang mengalir ke bak berikutnya bersih. (3) Keset dari sabut kelapa berlapis diseling dengan busa untuk menyaring air agar bertambah jernih.. Sabut kelapa untuk tempat tumbuhnya berbagai kehidupan yang biasanya hidup disungai secara alami.

Bak ke 4 di isi dengan Aqua Ball, suatu butiran putih untuk menyerap jangan sampai ada racun sampai mengalir keluar dari filter. Bio aqua setiap minggunya perlu dibersihan dengan dicuci dan dijemur hingga kering baru kemudian dimasukkan kembali kedalam filter. Aqua ball juga berfungsi menyerap partikel2 halus dalam air yang tadinya menyebabkan air tidak bersih dan buih-berbusa.

Dan 2 buah pompa 250 - 500 Watt untuk mengalirkan kedua air terjun juga dipasang dalam kolam ( pompa celup ). Dipasang juga pompa yg biasanya di letakkan pada aquarium melengkapi kolam ikan Koi yang gunanya untuk menambah supply oksigen dalam air. Selain itu agar kualitas air di kolam sempurna mengandung oksigen yang cukup, dipasang juga pompa Aerator 150 Watt guna memberi gelembung oksigen kedalam kolam.

Dan terakhir tapi sangat penting, yaitu pompa air tanah 75-100 Watt guna mengisi air kolam dengan Fresh water dari dalam tanah guna mengganti sebagian air kolam secara terus menerus dengan air yang bersih dan baru dari dalam tanah. Bila air tanah kotor, mengandung zat besi, perlu dipasangkan filter air minum berupa : (1) Filer khusus untuk menyaring air hingga 1 mikron. (2) Filter untuk menyerap zat besi dalam air agar tidak meracuni ikan, yang biasanya terdapat pada air payau atau pada daerah yang dekat dengan pantai.

Kalau menggunakan air ledeng, endapkan terlebih dahulu dalam bak penampungan selama setengah hari agar kaporit dalam air ledeng mengendap baru kemudian dialirkan untuk mengisi air kolam, setelah air kolam terisi penuh, maka air ledeng dapat dialirkan kekolam dengan dibuka kecil saja, sekedar untuk mengisi dan mengganti air kolam dengan air yang bersih, agar permukaan kolam tetap tinggi.

Kaporit yang ada dalam air ledeng dalam jumlah / dosis kecil tidak membahayakan ikan Koi, akan tetapi mampu membunuh kutu, bakteri, kuman dan parasit lainnya dalam air sehingga ikan Koi kesayangan kita bebas penyakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar