Sabtu, 13 Maret 2010

CARA MENGOBATI IKAN YANG SAKIT :

Sedangkan ikan yang luka2 atau agak parah penyakitnya angkat dan masukkan kedalam bak penampungan / karantina yang diperlengkapi dengan pompa arus 100 Watt, dan pompa yang biasanya di aquarum yaitu pompa yang bisa mengeluarkan gelembung2 dalam air sebagai supply oksigennya. Jangan beli di warung atau di pasar, karena sering palsu, beli (1) Antibiotik misalnya Super Tetra 500mg, dan (2) Vitamin B serta (3) Vitamin C yang generik saja murah.

Kedalam bak karantina kita berikan 1 kapsul Antibiotik bila ikannya kecil atau 2 bh setiap harinya kalau ikan yang sakit besar dan banyak. begitu juga tablet vitanin B kompleks dan C, berikan masing2 1 butir setiap harinya, kalau ikan sakit jangan diberi makan selama 3-5-7 hari, kalau setelah 7 hari puasa, berikan makanan sedikit saja.

Karena Ikan yang kenyang susah sembuhnya, lagi pula kotoran ikan jadi tempat berkembang biaknya virus, kuman dan bakteri yang berbahaya selama tidak tersedot masuk kedalam filter. Berikan juga Elbayau atau Gold-100 sesuai dosisnya yang tertera pada bungkusnya. Jangan kurang dan jangan berlebihan harus sesuai dosis karena ini obat untuk ikan Koi tercinta Anda.

Pada bak karantina, bila air telah agak keruh, biasanya 3-5 hari, ganti air setengahnya dengan air yang baru sambil menyedot kotoran2 yang ada pada dasar bak hingga bak kembali kelihatan bersih, dan beri Elbayau atau Gold-100 secukupnya.

Kalau ikan koi lukanya agak berat, bubuk antibiotik dibubuhkan langsung ke lukanya agar lebih efektif pengobatannya. Caranya mudah ikan Koi dijaring diangkat dari air, kemudian bubuk obat diletakkan pada ujung jari dan langsung diborehkan pada luka. Bila ini dilakukan secara rutin, dalam waktu singkat bisa dilihat lukanya kering dan berproses menyembuh. Ada pasien yang menanyakan kepada pak Haji : " Pak Haji kenapa ikan yang sakit ini tidak diterapi saja agar cepat semuhnya ". Langsung dijawab oleh pak Haji Bambang dengan tangkas : " Tolong ajarin ikannya membaca surat Al Fatihah karena itu persyaratan untuk sembuh ". Langsung derai tawa mengelegar dari semua yang mendengarnya. Siapa yang sanggup ngajarin ikan surat Al Fatihah coba ? Hehehe.

Kalau ada ikan yang telah sembuh, maka boleh diangkat dari karantina dan dikembalikan kedalam kolam, sambil dalam hati berkata : " Slamet, slamet ikan Koi-ku yang jutaan harganya ini slamet, Alhamdulillah...." Percayalah kepada kekuatan doa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar